Friday, February 10, 2017

Panduan Memilih Hardware dalam Merakit PC Gaming

Hal yang paling penting dalam merakit PC adalah dalam memilih part atau hardware yang akan di pasang pada PC tersebut, dan kita harus paling tidak mengerti sedikit tentang part-part tersebut agar tidak menyesal dengan hasilnya nanti.

Banyak orang yang merakit PC Gaming tapi tidak sesuai dengan ekspektasinya, setelah merakit PC namun game yang dimainkan masih ngelag atau stutter, hanya bisa dimainkan pada settingan low, dan harus upgrade hardware dan mengeluarkan uang lagi. Maka sebelum hal itu terjadi kita harus paling tidak mengerti kunci-kunci untuk memilih part yg sesuai dengan ekspektasi dan budget yang ingin di keluarkan.

1. CPU

CPUCPU adalah otak dari PC anda, CPU berfungsi untuk memproses data sesuai dengan yang diperintahkan. Dalam game biasanya CPU mengatur AI, loading, damage calculation, enemy spawn, dan hal-hal yang berhubungan dengan kalkulasi lainnya. Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 25% dalam budget anda untuk CPU. 

Untuk penamaan contohnya pada Intel ada core i3 untuk low-end, i5 untuk normal, dan i7 untuk high-end. Setiap seri ada subseries nya lagi seperti Intel Core i5 4460, Core i7 6700k. Namun anda tidak perlu bingung, anda cukup search "CPU Benchmark" di google. Benchmark adalah chart hasil test dari test performa beberapa CPU. Setelah anda search "CPU Benchmark" anda dapat melihat score dari CPU yang telah ditest, lalu anda tentukan CPU mana yang anda ingin beli sesuai dengan budget anda dan hasil test benchmark tadi,


2. Graphic Card/GPU

GPUUntuk gaming, Graphic Card adalah komponen yang paling penting. Graphic memproses visual dan graphic dari game yang dimainkan, apa yang anda lihat di monitor adalah hasil kerja dari Graphic Card. Semakin bagus graphic suatu game, semakin tinggi tenaga dari graphic card yang di butuhkan. Maka pada bagian inilah anda harus memilih Graphic Card dengan hati-hati. Game seperti apa yang anda ingin mainkan, ingin bermain pada kualitas low, medium, high, atau bahkan ultra ditentukan dari kualitas Graphic Card.

Menentukan dan memilih Graphic Card sama dengan memilih CPU, anda harus melihat benchmark untuk graphic card. Search "GPU Benchmark" di go
ogle atau di google image. Lalu lihat score dari Graphic Card tersebut, dan pilih sesuai budget dan kualitas Graphic Card yang anda anggap worth it dengan harganya. Cek review dari Graphic Card yang anda inginkan tersebut untuk lebih meyakinkan. Anda harus mengeluarkan sekitar 30% dari budget anda untuk Graphic Card.


3. Motherboard

motherboardMotherboard adalah komponen yang menghubungkan semua part pada PC yang anda rakit. Anda tidak perlu Motherboard yang terlalu mahal, cukup gunakan 5-10% dari budget anda pada motherboard. Namun tidak berarti motherboard tidak penting. Ukuran dari Motherboard ini yang menentukan ukuran PC anda nantinya saat membeli Case untuk PC tersebut. 

Dalam memilih Motherboard yang perlu diperhatikan adalah apakah CPU yang anda pilih cocok atau tidak dengan Motherboard yang anda pilih. Pada CPU lihat tulisan socket, biasanya "Socket LGA1150", maka anda pilih motherboard yang compatible dengan LGA1150. Tapi hampir semua up-to-date Motherboard sekarang sudah memiliki socket yang anda butuhkan. Nantinya semua komponen yang anda beli akan disambungkan pada motherboard.


4. RAM/Memory

RAM/MemoryRAM mudah untuk dipilih dan tidak terlalu mahal dibandingkan part lainnya. Pada RAM terdapat RAM dengan generasi DDR3 atau DDR4, lalu lihat pada spesifikasi motherboard anda, lihat DDR3 atau DDR4 yang compatible/cocok dengan motherboar anda. Kemudian ada RAM Speed yang terdiri dari 4 digit angka seperti 1066, 1333, 1600, 1866, 2000, dan selanjutnya. Semakin tinggi angkanya semakin cepat RAM tersebut, dan juga semakin mahal harganya. Normalnya 1600 dengan 8GB suduh cukup, anda bisa beli yang 16GB jika memiliki budget lebih.


5. HDD/Hard Disk Drive


HDD/Hard Disk DriveTentunya PC anda butuh memory penyimpanan untuk menyimpan game-game yang akan anda mainkan. Besarnya HDD tergantung anda. Normalnya 500GB suduh cukup. Jika anda memiliki uang lebih disarankan membeli yang 1TB, karena rata-rata game sekarang biasanya paling rendah sizenya sekitar 20GB keatas.





6. Case, Power Supply, dan Cooler

Untuk Case yang penting semua hardware yang sudah dipasang muat ke dalam, harus dingin dan tidak ribut, dan bentuknya sesuai dengan keinginan anda. Lalu jika anda ingin memasang optical drive atau DVD/Bluray drive, pastikan Case nya memiliki slot untuk itu.

Untuk Power Supply pastikan Power Supply yang anda beli memiliki daya yang cukup untuk semua komponen yang dipasang. Biasanya 500-600 Watt sudah cukup.

Dan untuk Cooler/kipas cari cooler yang cukup kuat untuk mendinginkan seluruh komponen PC anda dan cari yang tidak ribut. Cooler penting ketahanan CPU anda.

7. Komponen Lainnya dan Operating System

Untuk PC Gaming OS yang disarankan yaitu Windows, karena MacOS tidak cocok untuk Gaming. Gunakan Windows 7 atau Windows 10.

Untuk monitor yang penting cari paling tidak yang support 1080p. Jika anda ingin main game dengan resolusi 4K, anda harus memperhatikan apakah Graphic Card anda sanggup untuk menjalankan game dengan resolusi 4K. Jika anda memiliki budget lebih dan ingin bermain dengan 4K, disarankan untuk membeli Graphic Card paling tidak GTX 1070 atau GTX 1080 agar dapat bermain dengan lancar. sebaliknya jika Graphic Card anda sanggup untuk 4K tapi monitor tidak sanggup, maka tidak bisa menggunakan resolusi 4K

Untuk mouse dan keyboard sesuai dengan budget anda. Jika budget anda tidak terlalu tinggi, disarankan untuk tidak menghabis budget untuk accessories seperti mouse dan keyboard gaming, headset gaming, dll.

Anda masih bisa menambahkan banyak lagi komponen tambahan jika anda mau dan memiliki budget lebih, seperti DVD/Bluray drives, card reader, dll.

Itulah komponen-komponen penting yang harus anda perhatikan dalam merakit PC Gaming. Untuk PC gaming saya sarankan dana yang dikeluarkan lebih difokuskan pada Graphic Card, namun tanpa mengesampingkan komponen lainnya.

Jika anda telah berhasil merakit PC Gaming anda, langkah berikutnya yaitu dengan mengetest PC anda dengan bermain game. Berikut rekomendasi game-game yang harus anda coba

Untuk memasang part-part PC di atas tidaklah sulit, anda hanya butuh obeng dan ikuti panduan berikut



No comments:

Post a Comment